Berita Kampus

Mengenal Lebih dekat Pendidikan Teknologi Kimia Industri (PTKI)

Salam kerja sama perindustrian Indonesia
   Pendidikan Teknologi Kimia Industri (PTKI) Medan merupakan perguruan tinggi milik pemerintah di bawah naungan Departemen Perindustrian Republik Indonesia. PTKI Medan menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran secara professional, serta memanfaatkan kerjasama yang telah terjalin cukup lama dengan dunia industri untuk menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang mampu memenuhi kebutuhan dunia usaha dan dunia industri.

Jenjang pendidikan pada Pendidikan Teknologi Kimia Industri Medan adalah Diploma III dengan gelar Ahli Madya yang memiliki dua jurusan yang dikonsentrasikan pada teknologi proses dan maintenance pabrik, yaitu Jurusan Teknologi Kimia Industri (Terakreditasi B) dan Jurusan Teknologi Mekanik Industri (Terakreditasi B).Pendidikan Teknologi Kimia Industri Medan, pada tahun 2010 sudah mendapat sertifikasi ISO 9001:2008 tentang manajemen mutu pendidikan dari SAI Global.

Sejarah

Pusat pendidikan dan pengembangan Industri Kimia disingkat Pus-PPIK yang didirikan pada tahun 1982 dengan bantuan Grant Aids dari Pemerintah Jepang yang dikelola oleh suatu badan kerjasama luar negeri Pemerintah Jepang yang bernama JICA(Japan International Cooperation Agency). Pusat Pendidikan dan pengembangan industri kimia yang berlokasi Jl. Medan Tenggara VII Medan diresmikan penggunaannya oleh Bapak Menteri Perindustrian pada bulan Pebruari 1983 yang mempunyai areal seluas 8 ha terdiri dari separuhnya kampus Pus-PPIK dan separuhnya lagi untuk perumahan pegawai, asrama mahasiswa, kantin dan fasilitas olahraga lainnya.

pada awalnya berdirinya Pus-PPIK menyelenggarakan Pendidikan Program Diploma III dengan Jurusan:

  1. Teknologi Kimia
  2. Teknik Pemeliharaan Mesin

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Perindustrian Nomor: 467/M/SK/1986, tanggal 13 Desember 1986 nama Pusat Pendidikan dan Pengembangan Industri Kimia di rubah menjadi Pendidikan Teknologi Kimia Industri disingkat PTKI sebagai unit pelaksana Teknis di bidang Pendidikan Teknologi Kimia Industri dalam lingkungan Departement Perindustrian dan perdagangan yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Sekretaris Jendral yang sehari-harinya dibina oleh Pusdiklat-Indag. Pendidikan Teknlogi Kimia Industri dipimpin oleh seorang kepala.

Pendidikan Teknologi Kimia Industri (PTKI) Medan merupakan perguruan tinggi milik pemerintah di bawah naungan Departemen Perindustrian R.I.Didirikan tahun 1982 dengan bantuan Grant Aids dari Pemerintah Jepang (JICA) dengan areal seluas 8 Ha.

Visi dan Misi

Visi

Terwujudnya Pendidikan Teknologi Kimia Industri sebagai Perguruan Tinggi yang tangguh dan mandiri, dapat menghasilkan SDM industrial yang mampu berkompetensi terhadap dunia usaha dan dunia industri.

Misi

Melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi secara terstruktur dengan mempertimbangkan teknologi dan kebutuhan industri melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

Kebijakan Mutu

Kami segenap jajaran pegawai dan top manajemen berkomitmen untuk meningkatkan mutu pelayanan PTKI Medan guna menghasilkan SDM industrial dan memiliki integritas kepribadian tinggi dengan selalu melakukan perbaikan secara berkesinambungan.

Untuk mewujudkan hal tersebut maka PTKI Medan :

  1. Meningkatkan kualitas Staf Pengajar melalui peningkatan pendidikan Pasca Sarjana (S2 dan S3) dan mengikuti berbagai workshop/Seminar di dalam dan luar kota dalam bidang keahlian masing-masing.
  2. Mengaktifkan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat juga kegiatan ekstrakuler mahasiswa.
  3. Melengkapi semua fasilitas proses belajar-mengajar seperti ruang dosen, laboratorium lengkap dengan jaringan informasi.
  4. Meningkatkan kualitas metoda pembelajaran secara terus-menerus sesuai dengan konteks kekinian yang disinergiskan dengan kebutuhan mahasiswa dan industri.
  5. Melakukan pengembangan kurikulum sesuai dengan peraturan yang berlaku dan kebutuhan industri.

Pengurus Harian Lembaga dan Mahasiswa PTKI Medan (Lembaga Eksekutif Mahasiswa)

Terdiri dari:

  1. Badan Kerohanian Islam (BKI).
  2. Kebaktian Mahasiswa Kristen (KMK).
  3. Ikatan Mahasiswa Katolik (IMKA)
  4. Generasi Mahasiswa Pecinta Alam dan Studi Lingkungan Hidup (GEMPALS)
  5. Forum Lembaga Mahasiswa Perindustrian Indonesia (FLMPI)

Badan Pengurus Harian Lembaga Eksekutif Mahasiswa

dipimpin oleh PRESMA (presiden mahasiswa), Badan pengurus hariannya terdiri dari :

  1. Presiden Mahasiswa
  2. Wakil Presiden Mahasiswa
  3. Sekretaris Jenderal
  4. Bendahara Umum

Kabinet – kabinet :

  1. Menteri Dalam Kampus
  2. Menteri Iptek
  3. Menteri Sosial
  4. Menteri Olah Raga
  5. Menteri Seni dan Budaya
  6. Advokasi Hukum
  7. Biro Kesekretariatan

Pada badan pengurus harian yang salah satunya FLMPI, FLMPI AKABO telah bersilahturahmmi dengan FLMPI PTKI meski melalui media komunikasi dengan Dewi dan Adriansyah. Sampai saat ini FLMPI PTKI belum memiliki struktur kepengurusan. Ardyansyah sendiri sejak awa masuk sampai saat ini masih menjadi kader dan belum bisa dinyatakan sebagai pengurus.

Telp :Jl. Medan Tenggara VII,Medan
Sumatera Utara,Indonesia
KODE POS 20228

Oleh : Putri

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Februari 2012
S S R K J S M
« Jan   Mar »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
272829  

Blog Stats

  • 5,928 hits
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: